PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH

By ZULHAJIDAN, S.Pd., M.M. 07 Apr 2022, 05:14:01 WIB SDIT An Nahl Seri Kuala Lobam
PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH

A. Pengertian

Pengertian Akreditasi berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat (22) adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Sedangkan, menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal, pasal 1, bahwa Akreditasi adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah, dan satuan pendidikan anak usia dini dan Pendidikan nonformal berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan.

B. Tujuan Akreditasi

  1. memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah yang dilaksanakan;
  2. memberikan pengakuan peringkat kelayakan;
  3. memetakan mutu pendidikan mengacu pada standar nasional pendidikan; dan
  4. memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai  bentuk akuntabilitas publik.

C. Manfaat Hasil Akreditasi

  1. acuan dalam upaya peningkatan mutu dan pengembangan sekolah/madrasah;
  2. umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah;
  3. motivasi agar sekolah/madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional; dan
  4. informasi dan rekomendasi Pemerintah, pemerintah daerah, yayasan/lembaga pendidikan, maupun komite sekolah/madrasah dalam rangka perbaikan mutu sekolah.

D. Fungsi Akreditasi

  1. Pengetahuan, yaitu informasi bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah/madrasah dilihat dari berbagai unsur terkait yang mengacu pada standar nasional pendidikan.
  2. Akuntabilitas, yaitu bentuk pertanggungjawaban sekolah/madrasah kepada publik, apakah layanan yang dilakukan dan diberikan oleh sekolah/madrasah telah memenuhi harapan atau keinginan masyarakat.
  3. Pembinaan dan pengembangan, yaitu dasar bagi sekolah/madrasah, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya peningkatan atau pengembangan mutu sekolah/madrasah.

Untuk mendapatkan hasil akreditasi yang bagus tentu sekolah/madrasah jauh sebelum pelaksanaan visitasi akreditasi sudah mempersiapkan data dalam bentuk dokumen yang membuktikan kinerja sekolah setiap waktu. Implementasi budaya mutu di sekolah perlu dipahami oleh seluruh warga sekolah termasuk stakeholder, sehingga pada saat akan divisitasi sekolah tidak lagi mencari-cari dan malah membuat-buat bukti dokumen kinerja sekolah. Apalagi dengan sistem akreditasi yang baru, sekolah harus setiap saat siap membuktikan mutu kinerja sekolah karena akan dipantau terus oleh BAN S/M untuk perpanjangan status akreditasi atau akan divisitasi.

Dalam POS Pelaksanaan akreditasi sekolah tahun 2021 langkah yang harus dilakukan oleh sekolah sebelum divisitasi adalah:

  1. Sekolah/madrasah mengunduh IASP2020 dari situs web BAN-S/M, mempelajarinya kemudian menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk akreditasi.
  2. Sekolah/madrasah melakukan pengisian Data Isian Akreditasi (DIA) melalui Sispena-S/M, termasuk mengunggah dokumen yang diperlukan.

Dalam pelaksanaan langkah tersebut sekolah perlu mendapat pendampingan dari dinas pendidikan yang menjadi tanggungjawab dan wewenangnya. Pengawas Sekolah sebagai tim pembina sekolah dalam menjalan tugas pokoknya juga berkewajiban melakukan pembinaan terhadap persiapan pelaksanaan akeditasi sekolah.

Video berikut akan memberikan gambaran bagaimana proses pembinaan persiapan akreditasi di sekolah oleh Pengawas sekolah dan apa pendapat kepala sekolah, guru dan operator sekolah.

Video Testimoni Pembinaan Persiapan Akreditasi Sekolah

Sumber: Panduan dan POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah tahun 2021 BAN S/M.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Zainal Ariffin 27 Jul 2021, 11:42:46 WIB

    Terima Kasih Ilmunya Pak,,
    Terima Kasih Sudah Membina Sekolah Kami ????

    Eriyani 27 Jul 2021, 14:43:46 WIB

    Mantab pak Zul. Terimakasih ilmunya

    Sokhizatulo Fau 21 Feb 2022, 10:08:15 WIB

    dengan adanya kurikulum merdeka belajar apakah akreditasi sekolah masih relevan menjadi suatu acuan untuk menunjukan sekolah tersebut bagus?

View all comments

Write a comment