SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SERI KUALA LOBAM, BINTAN, SIAP MERDEKA BELAJAR
Bimbingan dan Pelatihan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri: Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan

By ZULHAJIDAN, S.Pd., M.M. 11 Jun 2022, 10:12:42 WIB Pendidikan
SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SERI KUALA LOBAM, BINTAN, SIAP MERDEKA BELAJAR

Merdeka Belajar | Oleh Diana Puji Utami (BPMP Provinsi Kepulauan Riau) | 10 Juni 2022 |

Dalam mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Seri Kuala Lobam, telah melaksanakan kegiatan Bimbingan dan Pelatihan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri dengan topik Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan pada tanggal 6 Juni 2022 sampai dengan  9 Juni 2022, bertempat di SD Negeri 005 Seri Kuala Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan didampingi oleh ketua tim pengembang kurikulum di sekolah. Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Zulhajidan, S.Pd., M.M, selaku Pengawas Sekolah Binaan untuk wilayah Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan. Pada kegiatan bimbingan dan pelatihan ini menerapkan metode Hybrid Learning, yaitu memadukan pembelajaran daring (LMS) dan tatap muka luring.

“Setelah mengikuti kegiatan Bimbingan dan Pelatihan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan diharapkan satuan pendidikan dapat menyusun atau mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) berdasarkan kondisi satuan pendidikan, karakteristik dan kebutuhan peserta didik di daerah, pemerintah hanya mengeluarkan (1). Struktur kurikulum (2). Profil Pelajar Pancasila (3). Capaian pembelajaran dan (4). Prinsip pembelajaran dan asesmen. Untuk operasional di satuan pendidikan, sekolah harus mengembangkan sendiri kurikulum berdasarkan hal di tersebut”, ungkap Pak Zulhajidan.

Video Testimoni




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Sri maningsih 11 Jun 2022, 10:44:24 WIB

    Trmksh byk atas ilmunya pak zul.alhamdulillah dgn ikut bimlat IakM ,km sdh mulai faham cara membuat KOSP. bimbingan dan saran2 dr bpk masih tetap km nanti,sampai penyusunan KOSP sklh kami slsai.smg bpk sht sllu,,aamiin

    WIWIET 11 Jun 2022, 11:32:08 WIB

    Menurut saya program merdeka belajar ini bertujuan untuk membantu guru mendapatkan kunci pengembangan diri: kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi dan karier.
    sedangkan Merdeka Belajar itu sendiri adalah suatu pendekatan yang dilakukan guru supaya siswa dan siswi kami, bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini di lakukan supaya para siswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangsi yang paling baik dalam karya_nya. Semoga SD di SKL atas bimbingan bapak bisa tambah maju, bahkan bisa menjadikan salah satu dari SD yang ada di SKL ini menjadi sekolah yang bisa jadi percontohan, ( sekolah model ) dan bisa menjadikan bahan percontohan bagi kami sebagai guru untuk belajar bersama murid dalam kurikulum merdeka pada satuan pendidikan kita di Kabupaten Bintan. Wassalammualaiikum.. Terimaksih, saya ibu wiwiet dr SDN 007 Seri Kuala Lobam.

    Nurma 14 Jun 2022, 13:45:42 WIB

    Terimaksi banyak pak, sangat membantu saya dalam menyusun KOSP di sekolah

View all comments

Write a comment